Definisi URL (UniformResource Locator) merupakan system pengalamatan yang digunakan pada World Wide Web. Di internet URL menggabungkan informasi mengenai jenis protocol yang digunakan, alamat situs dimana resource ditempatkan, lokasi sub directory dan nama file yang digunakan.

Definisi URL (UniformResource Locator)

Lokator Sumber Seragam (LSS), yang juga dikenal dengan Uniform Resource Locator (URL), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.



URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet.URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar para penulis dokumen dapat merujuk pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan.Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu:

  • Protokol,
  • Alamat Server,
  • Path File.

Bagian pertama URL menunjukkan protokol misalnya http:// atau https://.Protokol adalah persetujuan bersama yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol.

Bagian kedua URL menunjukkan alamat server di mana sumber daya tersebut terletak, misalnya www.microsoft.com untuk website Microsoft Corporation.




Bagian ketiga URL adalah path file yaitu menunjukkan lokasi dan nama dokument atau program dalam server tersebut, misalnya: kb/deskapp/word/q1974.html. di mana kb/deskapp/word/ adalah lokasi file dan q1974.html adalah nama berkas.

Read previous post:
pengertian http
Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Close