Hati-Hati, Bahaya Instal Aplikasi Whatsapp GB, WhatsApp GB merupakan modifikasi dari WhatsApp Plus, yang juga aplikasi hasil modifikasi. WhatsApp Plus sendiri sudah diblokir oleh pihak WhatsApp.

Hati-Hati, Bahaya Instal Aplikasi Whatsapp GB

Baca Yuk :

Melansir situs resmi, WA GB adalah WhatsApp MOD, sebuah aplikasi Android yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan kontak pengguna, tetapi memiliki tambahan fungsi baru yang tidak dapat ditemukan di aplikasi resmi. WA GB adalah modifikasi dari aplikasi asli yang dikembangkan oleh pihak ketiga tanpa izin dari pemilik yang sah.

WhatsApp menyampaikan akan melakukan tindakan berupa pemblokiran sementara akun pengguna yang terdeteksi menggunakan WA GB. WhatsApp akan melakukan pemblokiran secara permanen jika akun pengguna tidak beralih ke aplikasi resmi setelah diblokir sementara.

WA GB tidak tersedia di Play Store. Sehingga, pengguna Android harus mengaktifkan penginstalan aplikasi dari sumber pihak ketiga di perangkatnya.

WA GB juga tidak tersedia di App Store. Selain itu, aplikasi WA GB tidak bisa digunakan pada perangkat iOS seperti iPhone, iPad, atau iPod. Kebijakan penerbitan aplikasi dan ketentuan iOS yang membuat WA GB tidak bisa digunakan di perangkat Apple.

Adapun terkait dengan keamanan WA GB, sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Pihak WA GB menyatakan bahwa pengguna aplikasinya tidak diblokir. Keadaan itu membuat mereka menilai bahwa WA GB tidak melanggar nilai-nilai utama WhatsApp resmi.

Mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, lebih berisiko dibanding mengunduh aplikasi lewat Play Store. Seperti yang diutarakan beberapa pengguna Twitter, WhatsApp GB menawarkan lebih banyak fitur yang tidak tersedia di aplikasi WhatsApp resmi milik Facebook Inc. Beberapa fitur yang jadi favorit adalah mengubah tema dan ikon, menghilangkan status “sedang mengetik”, menghilangkan centang dua, membaca pesan yang sudah dihapus, mengganti gaya huruf, dan masih banyak lagi.

WhatsApp GB juga memungkinkan penggunanya untuk tetap melihat status WhatsApp yang sudah dihapus oleh si pembuat dan mengunduh status yang muncul di WhatsApp tanpa harus melakukan screenshot.

Meskipun terlihat menarik karena dapat diubah sesuai keinginan kita, Wa GB memiliki beberapa risiko membawa malware dan spyware. WhatsApp telah menyadari beberapa penggunanya menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi yang tidak resmi.

Source: cnnindonesia.com, kompas.com

Baca Yuk :