Apa Itu Bug, Pengertian bug adalah kesalahan pada komputer baik disebabkan oleh perangkat lunak ataupun perangkat keras sehingga komputer tidak bekerja dengan semestinya.

Apa Itu Bug

Pencetus istilah bug adalah Grace Brewster Murray Hopper. Grace Hopper juga merupakan tokoh yang mempopulerkan juga istilah Debugging. Grace adalah seorang Wanita Amerika kelahiran 1906. Beliau merupakan Computer Scientist. Grace mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang matematika dan fisika di The Phi Beta Kappa. Kemudian menuntaskan pendidikan magister di Yale University pada tahun 1930. Beliau juga bekerja untuk US Navy dan berpangkat Rear Admiral.

Pada tanggal 9 September 1945, salah seorang tim dari Universitas Hardvard memandang pada Panel F dan menemukan sesuatu yang tidak biasa antara titik di relay 70. Ternyata itu adalah ngengat (bug ; binatang kecil; serangga), kemudian mereka segera mengambilnya dan menyimpan dalam buku catatan (log book).

Grace Hopper memberikan catatan pada buku itu denan judul “First actual case of bug being found,” dan itulah pertama kalinya istilah Bug digunaan untuk menggambarkan kesalahan komputer.

Sebenarnya istilah “Bug” (dibaca bag) telah digunakan oleh para insinyur dan para tukang servis atau repairmen sebelum era komputer. Insinyur Amerika telah menyebutkan Bug sebagai kekurangan kecil dalam mesin selama lebih dari satu abad. sementara itu sang legendaris Thomas Edison berbicara mengenai bug dalam sirkuit listrik pada tahun 1870 an.

Bug dalam dunia komputer memaksudkan kesalahan, cacat, kegagalan atau kesalahan dalam program atau sistem komputer yang menyebabkan menghasilkan hasil yang tidak benar, tidak terduga, atau perilaku komputer yang tidak diinginkan dari proses yang seharusnya.

Sebagian besar bug timbul dari kesalahan pada kode sumber program atau disainnya, atau komponen dan sistem operasi yang digunakan. Beberapa disebabkan oleh kompiler yang menghasilkan kode yang salah. Sebuah program yang berisi sejumlah besar bug yang sangat mengganggu, dikatakan buggy (cacat). Demikian sekilas tentang Apa Itu Bug, semoga bermanfaat.

Read previous post:
Cara Mengatasi Malware
Cara Mengatasi Malware

Close