Ada Lovelace Programmer Komputer Pertama Dunia , Ada Lovelace adalah seorang penulis dan ahli matematika Inggris yang terkenal atas karyanya berupa komputer mekanika pertama, dan merupakan programmer komputer pertama di dunia dan ternyata programer komputer pertama itu adalah seorang wanita.

Ada Lovelace Programmer Komputer Pertama Dunia

Ada Lovelace Programmer Komputer Pertama Dunia atau Augusta Ada King, Countess Lovelace lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 – meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun, lahir dengan nama Augusta Ada Byron dan sekarang dikenal dengan nama Ada Lovelace, adalah penulis dan ahli matematika Inggris yang terkenal atas karyanya berupa komputer mekanika pertama.

Penemuannya atas mesin ini juga termasuk penggunaan algoritme pertama yang dimaksudkan untuk di proses oleh mesin.  Atas karyanya ini, ia sering dianggap sebagai programer komputer pertama di dunia.

Ada Lovelace merupakan putri tunggal dari penyair Lord Byron dan Anne Isabella Byron. Sekitar usia 17 tahun, Ada Lovelace bertemu dengan seorang matematikawan dan penemu bernama Charles Babbage. Jalinan pertemanan keduanya begitu dekat, meski Babbage jauh lebih tua. Pria itu merupakan mentor bagi Ada.

Ada Lovelace terpesona oleh ide-ide brilian Babbage yang dikenal sebagai Bapak Komputer Dunia, yang menemukan mesin diferensial untuk melakukan perhitungan matematis.

Babbage bahkan memberikannya julukan kepada  Ada Lovelace “The Enchantress of Numbers” Keduanya pun akhirnya menjalin kerjasama. Tahun 1835 Lovelace menikah dengan William King.

Sementara Ada Lovelace disibukkan dengan kehidupan rumah tangganya, Babbage mempersiapkan rencana untuk menciptakan alat lain yang bernama “Analytical Engine” yang mampu melaksanakan operasi matematika yang lebih kompleks.

Dalam hal ini, peran besar Ada Lovelace adalah menerjemahkan artikel Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia. Lovelace tidak hanya menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam Bahasa Inggris, Ia juga menambahkan pemikiran dan ide-idenya tentang mesin tersebut.

Hasil terjemahannya menjadi tiga kali lebih panjang dibandingkan dengan naskah aslinya. Pada tahun 1843 Hasil tulisannya diterbitkan dalam sebuah jurnal sains Inggris. Lovelace menggunakan inisial “A.A.L” (Augusta Ada Lovelace) dalam publikasinya.

Didalam tulisannya, Ada Lovelace mendeskripsikan bagaimana kode bisa diciptakan untuk mesin agar bisa menangani huruf dan simbol bersamaan dengan angka. Dia juga menteorikan metode untuk mesin agar dapat mengulangi beberapa instruksi, sebuah proses yang sekarang kita ketahui dengan istilah loop. Atas pekerjaannya ini Lovelace dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Semoga artikel tentang Ada Lovelace Programmer Komputer Pertama Dunia dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

source: wikipedia

penulis feby kurniawati rejeki

 

Read previous post:
apa itu programmer
Apa Itu Programmer ?

Close