17 November 2021 Hari Geographic Information Systems, GIS (Geographic Information System) atau sistem informasi geografis adalah alat berbasis komputer untuk memetakan dan menganalisis hal-hal yang ada dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi.

17 November 2021 Hari Geographic Information Systems

Baca Yuk :

Teknologi GIS mengintegrasikan database umum dengan operasi seperti kueri dan analisis statistik dengan visualisasi unik. GIS juga dapat menampilkan aspek geografis serta manfaat analisis yang ditawarkan oleh peta.

Lebih khusus lagi, National Geographic Society-lah yang menyelenggarakan Pekan Kesadaran Geografi setiap November 1987. Sejak itu dalam minggu geo-literasi itu, Hari GIS biasanya terjadi.17 November 2021 Hari Geographic Information Systems

Setiap hari, jutaan keputusan didukung oleh Geographic Information System (GIS). Dimulai dari menentukan lokasi toko baru, memprediksi iklim, mengetahui lokasi kerusakan dan pemadaman listrik, hingga melacak distribusi produk.

GIS Analytic sangat diperlukan karena masalah geografis berhubungan erat dengan analisis spasial (keruangan). Dalam GIS, Anda menghubungkan data dengan kondisi geografis. Ketika Anda hanya melihat data mungkin Anda sulit memahaminya.

Tapi ketika dihubungkan dengan geografi, data akan menjadi sesuatu yang berharga. Anda akan tahu arti dan memahami data yang Anda miliki.

Sejarah Geographic Information Systems

Hari GIS adalah acara di seluruh dunia yang merayakan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG). Ralph Nader menginspirasi Hari GIS sebagai hari untuk kesadaran geografi.

Hari GIS pertama diadakan pada 19 November 1999, selama Pekan Kesadaran Geografi dari 14-20 November 1999.

National Geographic Society, Association of American Geographers (AAG) dan Esri, diperingati pada 19 November 1999.

Geographic Information Systems diterapkan sekitar tahun 1967 di Kanada dengan nama Canadian Geographic Information Systems (CGIS) yang dikembangkan  Roger Tomlinson.

CGIS sendiri digunakan untuk menyimpan, menganalisis serta mengolah data yang dikumpulkan untuk inventarisasi tanah di wilayah Kanada.

Canadian Geographic Information Systems merupakan sebuah sistem pertama di dunia sebagai hasil dari pengembangan aplikasi pemetaan yang memiliki berbagai kemampuan.

CGIS hanya bertahan sampai tahun 1970, disebabkan karena ketidakmampuan CGIS bersaing dengan aplikasi pemetaan komersil yang dikeluarkan oleh vendor seperti MapInfo, ESRI serta CARIS.

Seiring dengan perkembangan industri pada tahun 1980 dan 1990 membuat Geographic Information Systems semakin mengalami perkembangan dengan merambah ke workstation UNIX serta personal computer (PC).

Kemudian pada abad ke 20, pengguna Geographic Information Systems mulai mengekspor serta menampilkan data Geographic Information Systems melalui internet sehingga membuat sistem informasi geografis ini semakin dikenal oleh masyarakat.

Sejak Pelita ke 2 pada tahun 1974, Indonesia menjadi salah satu negara yang menggunakan Geographic Information Systems. Tepat pada tahun 2016, kebijakan satu peta untuk berbagai tampilan data sudah mulai diterapkan di Indonesia.

Manfaat GIS

Manfaat dari GIS adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan komunikasi
  • Mengelola secara geografis
  • Penghematan biaya yang dihasilkan dari efisiensi yang lebih besar
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik
  • Penyimpanan catatan informasi geografis yang lebih baik

Itulah tadi informasi Hari Geographic Information Systems yang diperingati setiap tanggal 17 November 2021. (gisgeography.com,gisday.com)

Baca Yuk :