WhatsApp Kenalkan Fitur Keamanan Baru Yang bisa Laporkan Spam, Saat ini, WhatsApp berupaya untuk menyediakan fitur yang keamanan yang lebih baik bagi para penggunanya.

Terdapat dua fitur keamanan baru pada whatsapp, melansir gizmochina.com terdapat fitur keaman baru pada whatsapp yaitu tentang fitur flash calls (panggilan kilat) dan message level reporting (pelaporan tingkat pesan).

Baca Yuk :

WhatsApp Kenalkan Fitur Keamanan Baru Yang bisa Laporkan Spam

Whatsapp memperkenalkan dua fitur baru yang disebut Flash Call atau panggilan kilat dan message-level reporting atau lapor pesan.

Kedua fitur ini diperkenalkan untuk memastikan bahwa pengalaman pengguna tetap aman,” ujar WhatsApp dalam situs resminya, Senin, 22 November 2021.

Dua fitur terbaru WhatsApp ini memberikan kenyamanan kepada para pengguna dalam mengatasi gangguan dari nomor yang tidak dikenal.

  • Flash Call WhatsApp adalah cara baru untuk memverifikasi nomor telepon pengguna saat akun mereka login di aplikasi.
    WhatsApp akan mengecek apakah nomor telepon sudah sesuai dengan melakukan panggilan otomatis.Fitur panggilan kilat bisa digunakan sebagai satu opsi untuk memverifikasi nomor telepon melalui panggilan otomatis, saat mengatur WhatsApp di ponsel baru atau menginstal ulang. Saat ini, fitur hanya tersedia untuk pengguna Android.
    Fitur ini memungkinkan WhatsApp untuk memanggil telepon dan memverifikasi secara otomatis, menghilangkan kebutuhan untuk tindakan verifikasi SMS lainnya. Aplikasi Whatsapp mengklaim bahwa ini adalah opsi yang jauh lebih aman mengingat semuanya dilakukan dari dalam aplikasi.
    Biasanya fitur ini muncul ketika pengguna melakukan login di ponsel baru. Sebelumnya verifikasi data hanya dilakukan lewat SMS.
  • Dilansir laman Gizmochina, Selasa (23/11/2021), fitur ini masih berlaku untuk pengguna Android. WhatsApp juga mengklaim bahwa opsi ini akan jauh lebih aman karenanya semua dilakukan langsung via aplikasi.
    Message-level reporting adalah sebuah fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna bisa melaporkan pesan tertentu yang mereka terima. Caranya, mereka hanya tinggal menekan pesan yang mau dilaporkan.
    Sehingga pengguna hanya perlu melaporkan pesan yang sekiranya membuat mereka tak nyaman, alih-alih langsung memblokir nomor pengguna.
    Fitur message-level reporting WhatsApp ini dinilai akan berguna untuk menangani pesan spam, pelecehan, pesan tak dikenal, atau pesan yang bersifat ilegal dan kriminal.

Akan tetapi, informasi mengenai  dua fitur baru tersebut untuk sementara hanya hadir untuk pengguna di India. Kehadiran secara global masih belum diketahui, namun demikian, biasanya beberapa minggu setelahnya akan dirilis lebih luas lagi.

WhatsApp juga menawarkan verifikasi dua langkah kepada pengguna untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra. sedanagakan untuk obrolan grup, aplikasi itu memiliki pengaturan privasi grup yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang bisa menambahkannya.

Fitur keamanan lain yang diperkenalkan WhatsApp adalah kemampuan untuk mengontrol siapa yang melihat foto profil pengguna, terakhir terlihat (last seen), tentang, dan status. Ini juga memungkinkan pengguna untuk memblokir akun jika diperlukan.

WhatsApp mengklaim bahwa fitur tersebut  jauh lebih aman, mengingat semuanya dilakukan dari dalam aplikasi.

(tempo.com, techbiz.id)

Baca Yuk :