Tips Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen. Facebook pertama kali hadir pada 4 Februari 2004. Sejak saat itu, media sosial ini berkembang pesat. Di Indonesia kehadirannya sangat populer. Pada Maret 2021, penggunanya di Tanah Air mencapai 173,3 juta dan berada di posisi kedua terbesar di Asia.

Meskipun populer, ada juga pengguna Facebook yang ingin menghapus akun miliknya. Alasannya tentu sangat beragam. Untuk menghilangkan akun tersebut tidak sulit. Cara menghapus akun Facebook bisa dilakukan menggunakan perangkat apapun. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Yuk :

Tips Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen

Mungkin Anda adalah bagian dari pengguna yang mulai jarang mengunjungi Facebook karena sudah beralih ke media sosial lainnya, seperti Instagram atau TikTok, dan lainnya. Jika benar, ini adalah waktu yang tepat untuk menghapus akun media sosial besutan Mark Zuckerberg itu.

Namun, untuk benar-benar menghapus akun secara permanen perlu beberapa langkah yang harus dilakukan, mulai dari menonaktifkan akun terlebih dahulu, kemudian menghapusnya, dan dilanjutkan dengan membatasi pelacakan Facebook. Berikut detailnya:

Nonaktifkan Akun Facebook Anda

Mari tentukan dulu bahwa ada beberapa hal yang harus Anda lakukan yang terasa seperti menghapus akun Facebook Anda. Menghapus aplikasi dari ponsel Anda? Secara fungsional tidak berguna.

Namun, menonaktifkan akun Facebook Anda, sedikit lebih baik. Karena meskipun dengan langsung menghapus aplikasi, masih akan menyimpan semua data Anda, menunggu dengan sabar dan tanpa batas waktu untuk Anda kembali.

Untuk menonaktifkan akun Anda, klik panah menghadap ke bawah di kanan atas halaman saat Anda memuat Facebook. Klik Pengaturan & Privasi, lalu Pengaturan. Dari sana, putar pandangan Anda ke panel opsi sebelah kiri, dan klik Informasi Facebook Anda. Kemudian kembali ke menu pusat, di mana Anda dapat menggulir ke bawah ke Deactivation and Deletion.

Saat mengkliknya, Anda mendapatkan dua opsi yang diiklankan: penonaktifan dan penghapusan. Ini default untuk menonaktifkan, jadi lanjutkan dan klik Lanjutkan ke penonaktifan akun. Anda harus memasukkan kembali kata sandi, yang akan membuka halaman yang mengharuskan Anda memberikan alasan untuk keluar.

Facebook memberi Anda kesempatan untuk memilih keluar dari email Facebook (pemberitahuan pada dasarnya, bahwa seorang teman telah mengundang bergabung dengan grup atau semacamnya) dan tetap menggunakan Messenger. Pilih semua yang sesuai, tekan tombol Nonaktifkan.

Penonaktifan tidak mencapai banyak hal dalam praktiknya. Pesan yang Anda kirim ke teman akan tetap ada di kotak masuk mereka, dan Anda akan tetap muncul di daftar teman mereka. Postingan dan komentar yang Anda buat di grup juga akan tetap terlihat oleh admin.

Dan, sekali lagi, Facebook akan terus menyimpan semua data Anda selamanya. Yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali adalah masuk kembali ke akun Anda.

Hapus Akun Facebook Permanen

Jika Anda siap untuk membuat komitmen yang lebih serius untuk memutuskan hubungan, luangkan waktu sebentar untuk mempertimbangkan apakah Facebook memiliki data yang tersimpan di servernya yang mungkin ingin Anda simpan. Mungkin Anda menggunakannya sebagai album foto, atau memiliki pesan yang ingin Anda simpan.

Intinya adalah, mungkin ada baiknya menyimpan data Facebook Anda—atau memindahkannya ke layanan lain—sebelum Anda mematikan akun. Ini tidak sulit untuk dilakukan, meskipun bisa memakan sedikit waktu. Dari ikon panah bawah yang sama yang Anda mulai sebelumnya, buka Pengaturan & Privasi, lalu Pengaturan. Di panel sebelah kiri, buka Informasi Facebook Anda.

Jika Anda hanya ingin beralih di mana Anda menyimpan semua barang itu secara online, tekan Transfer Salinan Informasi Anda, lalu pilih di antara sembilan opsi yang diberikannya kepada Anda. Setelah memilih layanan, Anda dapat memilih jenis data yang ingin Anda transfer dan berapa banyak; untuk foto, misalnya, Anda dapat mengatur rentang tanggal, atau memilih album tertentu.

Buat keputusan itu, sambungkan ke layanan tujuan, dan biarkan transfer dimulai, Anda mungkin harus melalui proses ini beberapa kali jika Anda ingin foto berpindah. Anda juga dapat memilih untuk menjadikan semuanya offline sepenuhnya dengan menuju ke Unduh Informasi Anda.

Ada 44 kategori data, dan Anda tidak akan menginginkan semuanya, kebanyakan orang dapat mengucapkan selamat tinggal pada Facebook tanpa mengunduh riwayat program. Luangkan waktu untuk membatalkan pilihan yang tidak akan Anda lewatkan.

Setel rentang tanggal Anda ke Sepanjang Waktu, setel format ke HTML sehingga Anda benar-benar dapat menguraikannya saat itu tiba, pastikan telah menyetel tarik-turun Kualitas Media ke Tinggi, dan klik Buat File. Facebook akan memberi tahu melalui email saat unduhan sudah siap.

Dan dengan itu, Anda siap untuk menghapus. Ikuti jejak yang sama seperti untuk menonaktifkan (yaitu Pengaturan, lalu Pengaturan & Privasi, ketuk Informasi Facebook Anda, Penonaktifan dan penghapusan. Kali ini, pilih Hapus akun, lalu Lanjutkan ke penghapusan akun.

Ini akan meminta Anda untuk menonaktifkan sebagai gantinya jika Anda ingin tetap menggunakan Messenger, dan mengingatkan Anda untuk mengunduh barang-barang sebelum Anda pergi. Tekan Hapus akun, dan Anda harus memasukkan kata sandi dan klik Lanjutkan.

Namun itu saja belum cukup, Facebook memiliki masa tenggang 30 hari untuk berjaga-jaga jika Anda berubah pikiran, caranya cukup masuk kembali ke akun Anda dan klik Batalkan Penghapusan. Perusahaan mengatakan butuh 90 hari untuk benar-benar menghapus semua data akun Anda, dan mungkin menyimpan sebagian di penyimpanan cadangan untuk tujuan pemulihan.

Batasi Pelacakan Facebook

Namun, langkah menghapus akun saja tidak cukup, ini sebagian besar merupakan pengingat bahwa meskipun Anda tidak memiliki akun Facebook lagi, Facebook masih melacak Anda. Itu bisa melalui keluarga aplikasi yang lebih luas, seperti Instagram, WhatsApp, Messenger, dan Oculus.

Atau bahkan tanpa salah satu dari itu, jaringan iklannya yang sangat luas memberikan wawasan tentang sebagian besar pengguna internet, apakah mereka pernah mendaftar ke jejaring sosialnya atau tidak. Pilihan Anda di sini sangat terbatas, sayangnya.

Anda dapat meminta untuk menyisih dari beberapa aktivitas penargetan iklan di situs YourAdChoices Digital Advertising Alliance. Anda dapat menggunakan browser privasi seperti DuckDuckGo, atau membuang semua barang elektronik Anda ke laut dan kembali ke alam. Singkatnya, kemungkinan Facebook akan melacak Anda dengan satu atau lain cara. Namun, menghapus akun Anda adalah hal yang baik untuk memulai.

Tips Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen

Baca Yuk :