Pengertian WWW (World Wide Web) adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protocol) namun juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada 1989. WorldWideWeb dapat menampilkan berkas HTML tanpa gambar yang tersimpan.

Pengertian WWW (World Wide Web)

sejarah WWW(World Wide Web)

sejarah www (world wide web) berawal dari Berners-Lee menulis apa yang kemudian dikenal sebagai World Wide Web pada NeXT Computer. selama kuarter ketiga tahun 1990, saat bekerja untuk CERN. Peramban yang pertama dapat diselesaikan pada 25 Desember 1990, setelah hanya dua bulan lamanya dikembangkan.

Pengembangan selanjutnya hanya beredar di antara rekan kerja Berners-Lee di CERN sebelum akhirnya dirilis ke publik, melalui newsgroup internet, pada Agustus 1991.

Pada saat ini, beberapa orang lain, termasuk Bernd Pollermann, Robert Cailliau, Jean-François Groff, dan mahasiswa sarjana tamu Nicola Pellow – yang menulis line pada Mode Browser – terlibat dalam proyek tersebut.

Berners-Lee pada awalnya mengusulkan nama yang berbeda untuk aplikasi barunya, antara lain Tambang Informasi (The Mine of Information) dan Jaring Informasi (Information Mesh) sebagai proposal proposal. Pada akhirnya World Wide Web dipilih, tetapi kemudian diubah menjadi Nexus untuk menghindari kebingungan antara World Wide Web dan browser web.

Tim ini membuat “browser pasif” yang tidak memiliki kemampuan untuk mengedit kontennya karena sulit untuk mem-porting fitur ini dari sistem operasi NeXT ke sistem operasi lain. Melakukan Porting ke Sistem X Windows (X) tidak dimungkinkan karena tidak ada seorang pun dalam tim tersebut yang memiliki pengalaman dengan kode sumber X.

Berners-Lee dan Groff kemudian mengadaptasi banyak komponen WorldWideWeb ke dalam versi bahasa pemrograman C, serta menciptakan API libwww.

Sejumlah browser internet kemudian muncul, terutama Viola WWW, yang diterbitkan oleh Mosaic untuk menjangkit popularitas tinggi, yang pada tahun 1993 telah menggantikan program World Wide Web. Para kru yang terlibat dalam program tersebut telah dipindahkan ke tugas lain, seperti menentukan standar dan pedoman untuk pengembangan World Wide Web (mis. HTML, dan berbagai protokol komunikasi).

Pada 30 April 1993, direktur CERN merilis kode sumber WorldWideWeb ke dalam domain publik. Beberapa versi perangkat lunak tersebut masih tersedia online. Berners-Lee pada awalnya mempertimbangkan untuk merilisnya di bawah Lisensi Publik Umum GNU, tetapi mereka akhirnya merilisnya ke domain publik.

Read previous post:
Pengertian E-Bussiness

Close