Kualitas Website Harus Bagus, Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhinya? Di era digital ini, website membuat sebuah lembaga baik profit maupun non-profit lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan website untuk kepentingan pribadi, seperti personal branding dan sebagainya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa website adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan sebuah bisnis di zaman kekinian.

Baca Yuk :

Kualitas Website Harus Bagus, Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhinya?

Namun, apa pun misi yang Anda bawa pada website yang Anda miliki, hal itu tidak akan tercapai dengan maksimal jika website itu kurang berkualitas. Oleh karenanya, seorang webmaster mesti paham tentang faktor yang bisa mempengaruhi kualitas website. Tentu saja agar pemilik website bisa mencapai goal yang telah ditetapkan.

Lalu, apa saja faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kualitas website tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Website

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sebuah website, faktor-faktor itu bisa dikondisikan bahkan sebelum kita membuat website tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, website yang telah berjalan pun bisa dioptimasi agar kualitasnya meningkat. Nah, berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas website tersebut.

Spesifikasi Hosting atau Server yang Digunakan

Sebuah website membutuhkan server untuk bisa berjalan. Baik itu server seperti hosting, virtual private server (VPS), dan jenis server lainnya. Spefisikasi dari hosting atau server ini sangat menunjang kinerja dan kualitas sebuah website lho.

Sederhananya, hosting seperti sebuah tanah tempat kita mendirikan bangunan, dan website adalah bangunan yang akan didirikan di atas tanah itu. Semakin bagus tanahnya, tentu semakin kokoh bangunannya, bukan? Oleh karena itu, agar website Anda berkualitas, Anda harus memilih hosting terbaik.

Server hosting yang baik umumnya memiliki keamanan tingkat tinggi, media penyimpanan mutakhir seperti Solid State Drive (SSD) dan berbagai teknologi terkini. Semua teknologi tersebut akan membuat website dapat diakses dengan cepat sehingga meningkatkan nilai Search Engine Optimization (SEO). Itu artinya, website Anda bisa tampil dengan baik di mesin pencari dan dapat mendatangkan banyak pengunjung atau prospek.

Desain Website (UI/UX)

Faktor lainnya yang mempengaruhi kualitas sebuah website adalah desain dari website itu sendiri. Bicara tentang desain, tentu saja dua istilah user interface (UI) dan user experience (UX) harus disertakan. Dalam membuat sebuah website yang berkualitas, kita harus mempertimbangkan kedua hal ini.

UI berfokus pada tampilan website yang tampak oleh mata pengguna. Keindahan dan kenyamanan tampilan atau desain sangat diperhitungkan di UI ini. Pastikan website Anda memiliki tampilan yang menarik. Sedangkan UX fokus pada kepuasan pengguna saat mengunjungi atau menggunakan website Anda. Ada kalanya UI sebuah website bagus, tapi UX-nya buruk.

Desain yang indah saja tidak cukup, ia harus diikuti dengan kemudahan bagi pengguna dalam menggunakannya. Itu berarti semua elemen website harus diatur penempatan dan fungsinya, bukan? Mulai dari adanya navigasi ke halaman-halaman seperti AboutContact, dan sebagainya. Formulir berlangganan atau apapun yang dibutuhkan.

Sistem dan Framework yang Digunakan

Tahukah Anda bahwa sebuah website bisa dibuat dengan berbagai cara? Anda bisa menggunakan content management system (CMS) seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan sebagainya dalam membangun website. Selain itu, Anda juga bisa membangun website dari nol dengan menggunakan framework seperti CodeIgniter, Laravel, Vue.js, dan sebagainya. Pemilihan sistem dan framework ini sangat mempengaruhi kualitas dari website.

Pada dasarnya, semua sistem dan framework bisa digunakan untuk membangun sebuah website yang berkualitas, hanya saja Anda perlu mencocokkan mana yang sesuai dengan jenis website Anda. Menggunakan CMS WordPress sebagai CMS populer adalah opsi yang paling mudah dalam membangun website, pasalnya CMS ini sangat mudah untuk dipelajari dan memiliki berbagai plugin ini banyak kebutuhan.

Kualitas Konten dan Update Konten

Konten adalah hal yang menjadi nyawa dari sebuah website, bahkan umum dipahami bahwa content is the king atau konten adalah raja. Sebuah website akan jadi bermanfaat jika konten yang di dalamnya berkualitas. Oleh karena itu, pemilik website harus memberikan perhatian ekstra untuk konten ini.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar situs punya konten berkualitas?

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah melakukan riset ide atau kata kunci konten yang berkaitan dengan bisnis ataupun niche dari website kita. Setelah itu, pastikan Anda memasang konten yang memberikan nilai tambah pada pembaca.

Sebaiknya, konten tersebut juga dioptimasi dengan menggunakan teknik SEO agar menarik bagi pembaca dan menarik juga bagi mesin pencari. Anda juga bisa menerapkan ilmu copywritinghypnotic writing, ataupun teknik lainnya seperti soft selling dan story telling.

Perbaikan dan Pemeliharaan Rutin (Maintenance)

Selain semua yang sudah disebutkan di atas, faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kualitas sebuah website adalah rutin atau tidaknya perbaikan atau pemeliharaan yang dilakukan. Bagaimana pun, teknologi informasi terus berkembang. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah website juga terus dikembangkan, itu berarti pemilik website harus memelihara situsnya secara rutin.

Contoh-contoh dari maintenance ini bisa berupa pembaharuan sistem, perbaikan bugs atau celah kerusakan, peningkatan keamanan hingga peningkatan fitur.

Keamanan

Aspek keamanan, bagaimana pun, tidak bisa dilepaskan dari nilai kualitas sebuah website. Apalagi di zaman kekinian, Google sebagai mesin pencari terbesar lebih mengutamakan website dengan Secure Socket Layer (SSL) di posisi terbaik halaman hasil pencarian atau SERP. Website yang memiliki keamanan tinggi juga dapat menjaga data-data pengguna dengan baik.

Ada berbagai fitur keamanan yang bisa Anda sematkan pada sebuah website. Selain fitur keamanan bawaan pada hosting seperti Imunify360, Anda juga bisa menambahkan berbagai fitur keamanan seperti pembatasan login demi mencegah bruteforce attack dan sebagainya. Jadi, pastikan website Anda aman ya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, website yang berkualitas tidak bisa ada begitu saja, ia harus dibangun sedemikian rupa dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi kualitas website yang telah kita ulas tadi. Anda bisa mulai dengan memilih hosting dengan performa dan keamanan tinggi demi website yang berkualitas.

Baca Yuk :