Intel Branding CPU Mainstream, Memperkenalkan Processor Core Ultra. Intel meniadakan sebutan Gen dan I pada merek prosesornya, dan seri Core Ultra yang baru akan mewakili prosesor tercanggihnya.

Rebranding CPU konsumen Intel telah dirumorkan selama beberapa waktu, tetapi pengumuman dari perusahaan hari ini membuatnya resmi. Dimulai dengan chip Meteor Lake generasi terbaru Intel, Intel akan menanggalkan merek “Gen” dan “i” dari CPU-nya, dan chip Core akan dibagi ke dalam dua kategori: seri Core biasa dan seri Core Ultra yang baru.


Intel Branding CPU Mainstream, Memperkenalkan Processor Core Ultra

Secara keseluruhan, sebenarnya tidak banyak yang berubah dengan skema penamaan baru ini. Tidak begitu jelas CPU mana yang Core dan mana yang Core Ultra, tetapi kita tahu bahwa CPU kelas 3 hanya ada di seri Core dan chip kelas 9 hanya ada di seri Core Ultra, jadi mungkin Core Ultra hanya berarti TDP tinggi, chip yang tidak terkunci. Dengan asumsi tersebut, Core i9 13900K generasi ke-13 saat ini akan disebut Core Ultra 9 13900K dengan nomenklatur baru. Secara keseluruhan, tidak jauh berbeda.

Baca Juga :   Tips Cara Download Video Pinterest dengan Cepat dan Mudah

Pertanyaan yang jelas adalah mengapa Intel mengejar apa yang tampaknya merupakan revisi yang tidak perlu pada mereknya. Meskipun Intel mengatakan bahwa hal ini untuk mencerminkan “titik balik Meteor Lake dalam peta jalan prosesor klien Intel,” faktor lain mungkin adalah penyegaran Raptor Lake yang dirumorkan.

Telah lama diduga bahwa varian desktop Meteor Lake telah dibatalkan, dan chip desktop generasi ke-14 akan menggunakan kembali Raptor Lake dari prosesor generasi ke-13, sementara laptop akan mendapatkan Meteor Lake. Dengan menghilangkan “generasi ke-14” di awal nama CPU, hal ini sengaja dilakukan untuk membuat semuanya menjadi tidak jelas.

Intel telah mendapatkan beberapa kritik atas langkah ini karena banyak yang menyebutnya sebagai skema untuk membuat penyegaran Raptor Lake terlihat benar-benar baru, tetapi bukan berarti kita belum pernah melihat perusahaan menyegarkan produk dan mencoba membuatnya terlihat baru sebelumnya. Intel telah mengganti nama chip Alder Lake menjadi CPU Raptor Lake generasi ke-13, seperti Core i3-13100 yang merupakan salinan karbon dari i3-12100.

Baca Juga :   Segera Hapus, Malware XploitSPY Aplikasi Android Berbahaya Karena Bisa Kuras Rekening

Skema penamaan yang lama tidak menghalangi Intel untuk berpura-pura bahwa barang lama adalah barang baru, dan juga menyebabkan banyak kebingungan, seperti menempatkan CPU Tiger Lake 10nm di generasi yang sama dengan chip Rocket Lake 14nm. Anda masih dapat mengetahui generasi apa sesuatu dengan melihat dua digit pertama, dan itulah yang selalu kami lakukan.

Intel Branding CPU Mainstream, Memperkenalkan Processor Core Ultra

Sumber : https://www.xda-developers.com/

Baca Juga :   Ide Mudah Desain Rapor Siswa Menggunakan Canva