Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2021, sejak 27 Oktober 2007 Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh, membuka sebuah acara untuk mewadahi para blogger yang ada di seluruh Indonesia. Sehingga pada setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Acara tahunan pada awalnya hanya berfokus dengan pesta akbar para blogger se-Indonesia, perlahan mulai mengalami perubahan. Acara peringatan blogger tersebut mulai dirancang untuk menekankan pada para blogger untuk bisa mengelola blog mereka lebih baik lagi sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Baca Yuk :

Perkembangan internet saat ini semakin pesat, selain untuk media informasi, internet juga berkembang sebagai salah satu peluang bisnis yang menjadi alternatif bisnis modern saat ini.

Biasanya para blogger menyampaikan informasi mengenai pengalaman pribadi sehingga menjadi sebuah tulisan. Sebuah blog tidak hanya digunakan sebagai media curhatan pribadinya saja, namun lebih dari itu sebuah blog bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk membuka peluang bisnis baru, sehingga  Selain bisa digunakan sebagai sarana memperluas jaringan pertemanan blog juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Konsep baru dalam perayaan Hari Blogger Nasional tidak lagi hanya untuk mempertemukan para blogger Indonesia, namun juga menggabungkan dengan unsur bisnis. Kini, event itu menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Pengertian Blog

Blog merupakan website atau jurnal online yang memuat beragam informasi seperti artikel, foto, atau video, yang selalu diperbarui secara rutin. Pengertian blog sendiri adalah “web log”, yang berarti tempat untuk menyimpan “log” informasi di website, yang dilakukan oleh blogger.

Apa itu Blogger

Blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Bahkan, saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi ‘selebriti’ baik di dunia online maupun offline.

Definisi Blogging

Blogging adalah aktivitas mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lainnya (misalnya video) pada konten blog. Aktivitas ini dilakukan oleh blogger dengan memanfaatkan tool digital yang ada di Internet.

Kegunaan dan Fungsi Blog

Banyak alasan mengapa orang atau perusahaan menggunakannya fungsi Blog. Tujuan utamanya adalah untuk berbagi informasi dan menuangkan pikiran mereka.

Fungsi umum Blog

  • Sebagai sarana untuk ruang berbagi informasi
    Jika memiliki hobi untuk berkebun, maka informasi yang diberikan kepada audience merupakan semua aktivitas tentang berkebun.
  • Menyalurkan hobi menulis
    blog memiliki persaaan seperti website atau jurnal, blog juga memiliki struktur yang tidak kaku. Sebab, jurnal online ini menawarkan berbagai macam desain dan bentuk, terlebih dengan adanya update secara berkala. Ada fitur yang standar dan terstruktur yang akan Anda sadari ketika membuka dan membacanya, sehingga jurnal online ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis Anda.
  • Menghasilkan uang
    dengan rajin menulis di blog maka akan semakin banyak keuntungan yang didapat, karena jika anda memiliki trafik cukup tinggi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang melalui iklan atau afiliasi.

Blog memiliki konten yang harus terus update dan dikelola. Gunakan juga desain yang menarik untuk mengambil perhatian audience dan memaksimalkan potensi. Dan tidak lupa untuk mengaktifkan kolom komentar sehingga pengunjung situs bisa menuliskan pikiran atau kritikannya. Demikian informasi tentang Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2021, semoga bermanfaat.

Source:

https://www.febykurniawatirejeki.com

https://tirto.id/

https://www.hostinger.co.id/

Baca Yuk :