Asal Mula Nama Bahasa Pemrograman Java, Bahasa Pemogaraman Java di buat oleh James Gosling bersama rekannya di Sun Microsystems. Saat ini bahasa pemograman java menjadi salah satu bahasa pemograman yang banyak di gunakan di semua teknologi.

Asal Mula Nama Bahasa Pemrograman Java

Baca Yuk :

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems, yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, “Tulis sekali, jalankan di mana pun”.

dimulai pada Desember 1990, James Gosling dan rekan-rekannya di Sun Microsystems, James Gosling dan rekan-rekannya di Sun Microsystems membuat bahasa pemograman dengan nama Java, mereka terinspirasi dari Kopi asal Jawa (Java Coffee) terkenal bercita rasa tinggi dan salah satu jenis Arabica yang terbaik di dunia.

James Gosling dan rekan-rekannya di Sun Microsystems, kopi yang diseduh di sebuah kafe Peet menjadi inspirasi untuk nama bahasa pemrograman komputer baru yang berhasil dikembangkan. Java menjadi pilihan menggantikan nama Oak, dari jenis pohon yang tumbuh di depan jendela ruang kerja Gosling.

Gosling teringat tentang kopi jawa yang terkenal tersebut. Karena kopi tersebut memiliki cita rasa yang khas dan terkenal di dunia, kemudian Gosling memilih nama Java sebagai merek bahasa pemrograman mereka.

Pada 3 September 1992 mereka mendemonstrasikan Star7, sebuah PDA dengan input touchscreen (layar sentuh) yang dapat menjalankan berbagai aplikasi interaktif. Termasuk menciptakan animasi Duke yang menjadi maskot Java.

James Gosling rekan-rekannya telah mengantarkan bahasa pemrograman baru (Java) yang dapat berjalan pada semua platform peranti elektronika.

Perbedaan platform diatasi dengan membuat mesin virtual pada arsitektur bahasa pemrograman yang baru. Mesin virtual tersebut akan menerjemahkan kode pemrograman menjadi bahasa yang dikenali mesin apa pun. Java juga dikenal sangat andal dan memiliki sistem keamanan sendiri.

Demikian tadi Asal Mula Nama Bahasa Pemrograman Java, semoga bermanfaat.

Source : goodnewsfromindonesia.id

Baca Yuk :